Motivation for This Day :

Menulislah.. Sebelum menulis itu dilarang.... (Quote Man)

Rabu, 06 November 2013

Cerpen "Ketulusan Cinta" by Novia_2013



Ketulusan Cinta
Pagi yang Cerah, matahari mulai muncul dari peraduannya. tak seperti biasanya kabut tebal di temani grimis setiap pagi. aku dan Chaca jalan menuju kelas. kenalin aku Vivi lebih lengkapnya Vivian Renata Putri. anak yang terkenal pemalu, gak suka ngomong yang gak perlu dan disiplin. kalo Chaca dia sahabat ku, kebalikan dari sifat ku. dia suka ceplas-ceplos kalo ngomong, sering ribut sendiri kalo lagi kumpul sama temen-temen. tapi diantara semua sahabat ku dia yang paling tau isi hati dan perasaan ku. saat kami jalan menuju kelas, Rara dan Doni lagi kejar-kejaran.
        "Vi awasss....." teriak Chaca.
        "brukk....."
Rara dan Doni menubruk ku dari belakang. aku pun terjatuh menimpa seorang cowok.
        "duhhh.... Raraa..." teriak ku
        "kamu gak papa kan Vi ?" tanya Chaca.
        "gak papa gimana, sakit tauk.." jawab ku sambil menahan rasa sakit.
        "sini aku bantu berdiri." kata Chaca sambil membantu ku berdiri.
        "duh sakit ni Cha." kata ku sambil beranjak berdiri.
        "kamu sendiri gak papa kan?" tanya Chaca pada cowok tadi.
        "aku Gak papa kok." jawabnya sambil tersenyum dan beranjak pergi.
                                                  @@@
sampai di rumah aku masih memikirkan kejadian tadi pagi di sekolah. entah kenapa aku masih memikirkan cowok tadi. senyumnya yang manis dan sorot matanya.....
         "Vi, belum tidur?" suara bunda yang membuyarkan lamunan ku.
         "belum bun, Vivi belum ngantuk." jawab ku.
         "tumben, biasanya jam segini udah tidur. apa ada masalah yang kamu pikirkan ?" tanya bunda.
         "gak sih bun, cuma inget kejadian tadi pagi di sekolah.Vivi jatuh trus nimpa cowok di depan Vivi." jawab ku pada bunda.
        "tapi kamu gak kenapa-kenapa kan Vi?"
        "Vivi sih gak papa Bun, cuma masih terbayang wajah cowok tadi." kata ku.
        "kamu jatuh cinta pandangan pertama ya? jangan terlalu cepet suka sama cowok, kalo belum tau benar sifatnya." kata bunda menasehati.
        "iya bun, Vivi tau kok." jawab ku.
        "udah malem ni. besok kan sekolah, sana cepat tidur." perintah bunda.
        "iya bun, selamat malam bunda.."
        "iya sayang, mimpi indah ya." bunda mematikan lampu dan menutup pintu kamar ku.
                                                   @@@
Hari ini aku datang ke sekolah lebih awal, rencanya sih mau belajar soalnya nanti ada ulangan kimia. Sampai di sekolah ternyata Chaca udah sampe duluan di sekolah.
 “tumben Chaca berangkat pagi biasanya juga bel masuk baru berangkat.” Batinku dalam hati.
hey…Cha, tumben ikutan berangkat pagi.” Sapa ku pada Chaca.
“sekali-kali ngrasain berangkat pagi gak papa donk.”  Jawab Chaca.
“ Cha… ke kantin bentar yuk, laper ni. Bunda tadi pagi belum masak. Jadi belum sarapan.”
Aku dan Chaca jalan ke kantin sambil ngafalin meteri buat ulangan nanti. Aku juga nanya ke Chaca materi yang aku gak bisa. Walaupun Chaca kelihatanya agak bandel, kalo masalah hitung menghitung otaknya encer. Kalo aku lebih suka nulis, ngarang cerpen & puisi.
Aku dan Chaca makan makanan yang udah kami pesan sambil ngobrol.
          “Vi…kayaknya  aku pernah lihat dia deh.”
          “yang mana sih Cha…?” tanya ku penasaran.
          “itu lo, yang duduk di sebelah cowok yang pake jam tangan itu kan yang jatuh sama kamu Vi.” Kata Chaca sambil menunjuk cowok itu. Gara-gara Chaca nunjuk cowok itu. Cowok itu melihat ke arah kami sambil tersenyum.
          “Ihhh… malu-maluin aja sih Cha, pake nunjuk- nunjuk segala. Mana orangnya lihatin terus kesini lagi.”
          Biyarin aja lah Vi… kayaknya dia nglihatin kamu deh Vi. senyum lagi..”
          “ke kelas aja yuk Cha, malu ni.” Ajak ku pada Chaca.
          “ahh… kamu Vi dikit-dikit malu. kayaknya dia suka sama kamu deh Vi..” goda Chaca.
          “udah ahh… Cha. Aku mau bayar dulu.”
          Setelah itu aku dan Chaca ke kelas. Hari ini ada ulangan kimia, soalnya rumayan mudah lah.. tadi malem aku sempet baca buku sebentar tambah tadi pagi udah ngafalin & tanya sama Chaca. beberapa jam pun berlalu. gak terasa udah waktunya pulang sekolah. hari ini berjalan serasa begitu cepat. aku dan Chaca nunggu Tia, Fani dan Tata di depan kelas mereka. mereka gak satu kelas dengan ku.Beberapa menit kemudian Fani keluar dari kelas,menghampiri aku dan Chaca.
         "Fan,,,,Tia sama Tata mana..????" tanyan ku pada Fani
         "Lagi piket tuh. Ech vi denger-denger kemaren katanya kamu nabrak cowok yaa????" tanya Fani
         "Iya Fan....malu-maluin banget."
Gak beberapa lama,Tia dan Tata keluar.Kami pun segera pulang,kebetulan aku dan Chaca satu arah.Rumah kami juga lumayan deket.Kalau Fani satu arah sama Tata.yang paling jauh sendiri rumahnya Tia.Harus 2x oper naik bus.
                                          @@@
       Sampai dirumah aku langsung masuk kamar dan berbaring ditempat tidur.Hari ini entah mengapa aku merasa sangat senang.Ulangan hari lancar dan sejak tadi aku selalu terbayang wajah cowok yang aku tabrak kemarin.aku semakin penasaran dengannya,entah kenapa aku ingin lebih jauh mengenalnya.
       Satu minggu telah berlalu,beberapa hari ini aku selalu bertemu dengannya.Saat aku diperpustakaan tak sengaja kami mengambil buku yang sama.Dia mengalah dan memberikan buku itu pada ku.Sambil tersenyum dengan senyumannya yang manis.Setiap aku bertemu dengannya dia selalu tersenyum tanpa berbicara satu patah kata pun.Baru kali ini aku bertemu dengan cowok yang misterius.
      Hari ini saat pelajaran jam terakhir.inilah saat paling ku tunggu setelah sekian lama duduk menatap papan tulis dan bermain dengan coret-coretan di lembar buku. Jenuh,lapar,haus,dan ngantuk,semuanya bercampur jadi satu.Ingin rasanya segera sampai rumah.Akhirnya bel pulang pun berbunyi.aku langsung ngajak Chaca pulang,Hari ini aku nggak pulang bareng sama Tata,Tia,dan Fani katanya sihh mereka ada acara sendiri-sendiri.
      "Cha pulang yukk..." ajak aku pada Chaca
      "Ya,tapi ku ajak balikin bukunya Vera dulu" ajak Cacha
     Setelah balikin bukunya Vera,aku dan Chaca jalan menuju pintu gerbang,aku melihat dua orang  yang aku kenal sedang bergandengan tangan berjalan dari arah yang berlawanan denagn ku.Langkah kaki ku terhentil saat aku melihat mereka,hati ku serasa hancur berkeping-keping.Kedua orang itu adalah Tata dan Refan,sahabat ku dan orang yang mengisi hati ku saat ini.
     Sebenarnya aku sudah tak mampu membendung air mata ku.Tapi aku menahannya karena di sekililing ku banyak orang.
     "Vi...kok berhenti, ada apa????" tana Chaca
     "Gak pa pa kok Cha...ayo jalan.
     Chaca juga melihat Tata dan Refan,tapi mereka tidak melihat kami.
     "Lho...itu kan Tata sama Refan, gandengan tangan segala lagi????"Chaca kaget melihatnya
     "Udahlah Cha...ayo cepat pulang".ajakku  sambil menarik tangan Chaca.
                                                @@@
       sampai di rumah aku langsung lari ke kamar, menutup pintu kamar ku dan menjatuhkan tubuh ku ke ranjang.Kini aku tak dapat membendung air mata ku lagi.Ternyata orang yang selalu menggangu pikiran ku dan hati ku beberapa hari ini adalah kekasih sahabat ku... "Vi...."terdengar suara panggilan seseorang yang telah merawat ku selama ini,di iringi beberapa kali ketukan.
       "Iya bun,masuk aja gak dikunci kok."jawab ku sambil menghapus air mata
       "Anak cantik kok nangis...?"kata bunda sambil duduk di ranjang.
Mata ku mulai buram lagi karena genangan air mata ,aku menunduk berusaha menyembunyikan dari bunda.Tapi isakan ini semakin terdengar saat bunda mengusap rambut ku pelan.Ku beranikan menatap wajah bunda,begitu teduh ku rasa ku hamburkan tubuh ini untuk memeluknya.
       "Menangislah,jangan bohongi perasaan mu."ucap bunda pelan
       "rasanya sakit banget bun ....hiks..hiks..."suara ku tenggelam dalam isak tangis
       "Coba ceritakan pada bunda pelan-pelan."
       "Bunda taukan Refan yang tabrakan dengan ku beberapa hari yang lalu. Beberapa hari ini aku merasa jatuh cinta dengannya. Tapi tadi waktu aku pulang sekolah aku melihat dia bergandengan tangan dengan Tata sahabat ku sendiri.
Aku kesulitan mengatur nafas yang terhalang isak.
      “tapikan belum tentu mereka pacaran. Mungkin saja mereka teman dekat.”
       “tapikan tetap saja hati Vivi sakit..”
       “awalnya memang sakit, tapi lama-kelamaan hati mu akan menyesuaikan.” Mungkin bunda benar. Kenapa hanya karena masalah seperti ini aku menangis.
      “sebentar, bunda akan membuatkan mu teh hangat agar persaan mu lebih tenang.”
        Ucap bunda sembari beranjak pergi. Bunda adalah orang yang selalu bisa membuat ku tenang. Mengerti apa isi hati hati ku dan selalu tau apa yang terbaik untuk ku.
                                               @@@
Hari ini sebenarnya aku malas berangkat sekolah ,aku masih teringat kejadian kemarin,aku masih enggan bertemu mereka berdua itu hanya akan menambah luka hati ku saja tapi aku tidak boleh terus-terusan seperti ini,aku melangkahkan kaki ku menuju ruang kelas.Chaca  sudah lebih dulu tiba dikelas.
          “Kenapa sih Vi..muka mu murung,apa ada masalah????”Tanya Chaca pada ku
          “gak tau nih Cha…”jawabku sambil menaruh tasku di bangku
          “Gara-gara masalah kemaren kan????”
          “apa aku salah ya Cha suka sama Refan???”Tanya ku pada Chaca
          “Gak lah Vi,..belum tentu juga mereka udah jadian .”ucap Chaca menenangkan ku
           “Tapi udahlah Cha..aku gak ingin bahas masalah kemarin lagi”
 Setelah kejadian itu aku sering menghindar saat bertemu Refan,tapi sikap ku pada Tata masih biasa seperti dulu.Cuma karena masalah itu aku gak mungkin musuhin sahabat ku sendiri.
     Tapi entah kenapa sikap ku sama Refan masih tetap dingin,akhir-akhir ini aku sudah  menata hatiku jika aku bertana pada Tata seandainya mereka memang sudah jadian aku lebih bisa mengontrol hatiku..
     Saat pulang sekolah,aku Chaca,Tia,Fani,dan Tata pulang bareng,aku dan Tata jalan berdua didepan Chaca,Tia dan Fani..
      “Ta..kemarin kamu pulang sama cowok kamu ya???”Tanya ku pada Tata
      “Cowok ku..???emang kamu lihat aku dimana???
      “di depan gerbang.”
      “ow…Refan?gak kok Cuma temen
      “Tapi aku kemarin lihat kamu gandengan tangan sama Refan”..tanya ku penasaran
       “Aku sama Refan emang biasa kayak gitu, sebenarnya sih dia suka sama aku,tapi aku gak suka.lagi pula aku juga udah punya cowok”
        “ummm,,,gitu.”aku sebenarnya sedikit kaget
        “kenapa..kamu naksir sama Refan???tanya Tata
        “hemmm,,,gak kok”
Mendengar jawaban Tata, sebenarnya perasaan ku jadi sedikit menjadi kacau,tapi aku berusaha menyembunyikannya

            Malam yang dingin ditemani taburan Bintang di langit, aku duduk di balkon, selimut dan secangkir teh membuat tubuh ku sedikit lebih hangat...inilah tempat favorit ku untuk menenangkan diri,saat ini yang ada dipikiranku adalah Refan cowok yang beberapa hari ini menggangu pikiran ku dan hati ku..
                   Aku yang memikirkan namun aku
                  Tak banyak berharap
                  Kau membuat waktu ku tersita dengan angan tentang mu…
                  Mencoba lupakan ..tapi ku tak bisa..
                  Mengapa begini….
                  Oh …mungkin aku bermimpi
                  Menginginkan diri mu..
                  Untuk ada disini menemani ku
                  Oh mungkinkah kau yang jadi..
                  Kekasih sejati ku
                  Semoga tak sekedar harap ku…..
                        #Monika
Saat mendengarkan lagu itu butiran-butiran air mata ku jatuh membasahi pipi ku.kini orang yang ku sayang ternyata suka dengan sahabat ku kenyataan pahit yang harus ku terima.lagi pula belum tentu dia peduli dengan ku,kata bunda ada benernya.aku nggak boleh semudah itu suka sama cowok yang baru aku kenal,mungkin aku masih kurang pengalaman dalam masalah cinta dan aku terlalu mudah jatuh cinta.
          Sinar matahari yang masuk melalui celah-celah jendela kamar ku. Aku menarik selimut ku, aku masih enggan untuk  bangun.
          “Vivi.. mau berangkat sekolah gak? Udah  jam berapa ni..” teriak bunda membangunkan ku di balik pintu kamar.
          “uhh….Bunda. Vivi masih ngantuk ni.”
          “udah jam setengah 7 lho..nanti kamu  telat.”
          “hah…kok  Bunda gak  bangunin dari tadi sih.” Aku  kaget dan langsung beranjak bangun. aku siap-siap berangkat ke sekolah. Seumur-umur aku  belum pernah telat berangkat sekolah, dan aku  gak mau sampai itu terjadi.
          Sampai sekolah pas banget bel tanda masuk berbunyi. “thank god.., aku gak telat.” Ucap ku dalam hati. Saat aku berjalan menaiki tangga menuju kelas, seseorang yang beberapa hari ini mengganggu pikiran ku dan membuat ku susah tidur. Refan dia jalan di belakang ku.
          Entah kenapa jantung ku berdebar kencang, dan seluruh badan ku  jadi dingin. “Oh..tuhan, apakah ini yang dinamakan cinta.” Batin ku dalam hati.
          “Hey…kamu Vivi kan?” tanya Refan.
          “i..iya.., kenapa?” jawab ku sedikit gugup.
          “kamu temenya Tata kan?” tanya Refan.
          “iya..aku temenya Tata.”
          “koksendiri, biyasanya aku sering lihat kamu sama temen-temen kamu.”
          “Iya, tadi aku telat bangun jadi berangkatnya agak kesiangan.”
          “ohh..kamu gak satu kelas sama Tata?” tanya refan.
          “enggak, ehh.. udah sampe kelas ku ni, aku  masuk dulu ya.”
          “iya..” jawab Refan sambil tersenyum.
Aku pun langsung masuk kelas dan menaruh tas ku di bangku.
          “tumben seorang Vivian  Renata Putri telat.” Goda Chaca.
          “achh.. kamu Cha. Tadi aku  bagun kesiangan.” Jawab ku sambil senyum-senyum.
          “kenapa Non..kesambet setan gara-gara telat ya..senyum-senyum dari tadi.” Goda Chaca.
          “gak tau kalo Shobatnya lagi seneng ya.”
          “seneng..?? gara-gara telat.”
          “bukan lah Cha..tadi aku jalan ke kelas bareng sama Refan.” Jawab ku sambil tersenyum.
          “ciee…yang  bareng sama pangeran hatinya.” Goda Chaca.
          “ceritanya lanjut nanti aja Cha…gurunya udah masuk tuh…” ucap ku pada Chaca.
          Saat pelajaran berlangsung, yang ada di pikiran ku bukanya materi  yang di  terangin guru tapi yang selalu terbayang malah wajah  Refan.
          Beberapa jam pun berlalu, bel istirahat pun berbunyi.
          “Cha..kekantin yuk.” Ajak ku. Aku dan Chaca  jalan menuju kantin. Sampai di kantin kami mencari tempat duduk  yang kosong.
          “Vi.. kamu  mau makan apa ?” tanya Chaca.
          “Bakso sama Jus jambu aja.”
          “aku pesenin dulu ya.” Ucap Chaca.
Aku duduk sendiri nunggu Chaca yang lagi pesen makanan.
          “hey…” seseorang dari belakang mengagetkan ku.
          “Refan…ngagetin aja.”
          “kok duduk sendirian ?” tanya Refan.
          “iya..Chaca lagi pesen maknan.”
          “ohh..Tata gak ikut ke kantin?” tanya Refan.
          “gak, paling kami bareng kalo pulang aja.” Chaca pun datang membawa makananya.
          “lho kok kamu yang nganter makanannya Cha ?” tanya ku pada Chaca.
          “iya..lagi pula ibu kantinya juga lagi ribet .”
          “ohh…Cha, ini ku kenalin.”
          “Chaca..”
          “Refan..”
          “ohh..ternyata dari tadi di temenin sama pang….” Aku langsung mencubit Chaca agar ucapanya gak di terusin. Pastinya aku bakalan malu kalo sampe Chaca bilang Pangeran hati ku di depan Refan..
          “lho..kok gak di terusin. Pang… apa?” tanya Refan penasaran.
          “gak usah dipikirin kata-kata Chaca. Biyasa kan Chaca emang kayak gitu.” Ucap ku menutupi.
          “ohh… aku balik ke kelas dulu ya.” Pamit Refan sambil beranjak pergi. Entah kenapa  setiap aku bertemu  Refan jantung ku berdebar kencang. Apa mungkin aku memang benar-benar mencintainya atau hanya perasaan suka sesaat.
      1 bulan pun berlalu...
     Selama 1 bulan ini aku lebih deket sama Refan,kami sering berbagi pengalaman dan kadang juga pulang bareng .Perasaan ku pun semakin jelas bahwa aku mencintai Refan ,tapi aku tak berani mengungkapkannya,aku juga gak tahu apakah Refan juga merasakan  apa yang aku rasakan .Biarlah waktu yang akan menjawabnya.
     Suasana disekolah pun sudah sepi,sudah 1 jam yang lalu waktu pulang sekolah.Aku masih diperpustakaan mencari materi-materi untuk tugas bahasa indonesia yang harus dikumpulka besok..
         "Vi..kok belum pulang???"tanya Refan
         "Iya ,aku lagi cari materi ni." ucap ku sambil mencari buku-buku di rak buku.
         "Emang Chaca udah pulang??" tanya refan berdiri di sebelah ku.
         "Udah katanya dia ada acara sendiri."
         "Ohh,..kalau gitu aku temenin."
         "Iya makasih".Ucapku sambil tersenyum
         "Vi..kamu sahabat Tata kan???" tanya Refan sambil menatap ku.
         "Iya.."Jawabku sambil membuka-buka buku
         "Anaknya cantik ya??kelihatan baik juga."aku pun sedikit kaget dengan ucapan Refan
         "Iya,,dia memang cantik."jawab ku
         "Tapi cantik bukanlah ukuran utama yang dapat mengundang cinta." ucap Refan
         "Menurut kamu aku orangnya gimana???"tanya ku pada Refan
         "Baik,dewasa dan pengertian."jawab Refan
         "Vii...kira-kira Tata suka sama aku gak ya???" pertanyaan Refan membuat ku kaget
         "Aku juga gak tau."jawabku dengan nada datar
         "Vi,,sebenarnya aku suka sama Tata."Pernyataan yang sungguh mengejutkan ku
         "Kamu mau membantu ku mengungkapkannya kan???" aku pun tak dapat mengendalikan hati ku, ingin rasanya menjerit. hati ini terasa hancur berkeping-keping.
         "Jadi selama ini sedikit pun kamu gak ada rasa pada ku,ternyata perasaan mu masih tetap untuk Tata,asal kamu tau Fan..sebenarnya aku suka sama kamu,dari dulu aku menyimpan perasaan ini,tapi kamu hancurin gitu aja." Butiran-butiran bening air mata ku menetes ,aku pun langsung beranjak pergi meninggalkan Refan.aku tak peduli ,jika Refan akan membenci ku setelah dia tau perasaan ku yang sesungguhnya.
@@@
            "Kalau kita selalu mendapatkan apa yang kita inginkan,kapan kita akan belajar untuk ikhlas??"ucap Bunda lembut
Aku masih terisak dalam pelukannya,aku hanya ingin menangis saat ini.
            "Semua pasti sudah diatur,tak ada yang kebetulan di dunia ini sayang." kali ini Bunda mengusap rambutku
            "Bunda gak tau gimana perasaan ku."
            "Bunda tau......"
            "Bunda gak tau persaan ku, hancur bunn...."kali ini aku melepaskan pelukan Bunda.
            "Memang sulit menerima kenyataan,aku tau perasaan mu,tapi setidaknya tak bisakah kamu pura-pura percaya pada Bunda mu ini,sayang???" Bunda memandang lembut.
Aku tersadar "Aku percaya Bunda" Lirih ku, tertunduk dalam sesal.
            "Sabar dan ikhlas itu pohon yang berbuah manis Sayang."
                                                        @ @ @
             Pagi ini mentari enggan muncul dari peraduannya,kabut tebal disertai gerimis menyambut pagi ini. mungki mereka ikut merasakan sedih melihat suasana hati ku pagi ini sedang kacau ,langit pun ikut menangis.
            Sebenarnya aku malas berangkat sekolah,pasti nanti aku ketemu sama Refan.Tapi aku gak mau ngecewain Bunda ,masak cuma gara-gara masalah cinta gak berangkat ke sekolah,aku yakin Tuhan mempunyai rencana indah di balik semua ini.Aku pun melangkahkan kaki ku menuju kelas,saat berjalan menuju kelas aku bertemu dengan Refan,sebenarnya aku belum siap bertemu dengannya.
             "Vi...tunggu." Refan menarik tangan ku
             "Ada apa?"tanya ku singkat
             "Soal kemarin aku minta maaf,aku gak bermaksut..."
            "Udahlah Fan,gak usah bahas masalah kemarin, agap gak terjadi apa pun ." ucapku dengan nada tinggi.
Aku pun langsung pergi meninggalkan Refan
   Sampai di kelas aku duduk di samping Chaca,aku menghembuskan nafas panjang.
           "huhhh..."
           "Vi..aku tau perasaan mu" ucap Chaca
           "Kamu tau dari mana???"
           "Tadi malam Refan menelfon ku,dia sudah menceritakan semuanya ."
           "Apa aku salah Cha??",tanya ku
           "Gak kok,setiap orang punya hak untuk mengungkapkan cinta."
          "Terus aku harus gimana ??"
          "Berlajar lah untuk ikhlas.tentunya kamu ingin melihat orag yang kamu cintai bahagia kan ??"
Mungkin kata Chaca benar,aku harus mengikhlaskan Refan bersama Tata,Jika Tuhan berkehendak lain,pasti aku dan Refan akan bersama
          Saat istirahat aku enggan keluar kelas ,apa lagi ke kantin pasti disana aku bakal ketemu Refan. Kemudian Tata masuk ke kelas ku dengan Fani.Tata duduk disamping  ku,dan Fani ngobrol dengan Chaca.
          "Vi...tumben gak ke kantin." tanya Tata
          "Males aja." Jawab ku singkat
         "aku tau semuanya, sebenarnya Kamu suka sama Refan kan??"
         "eng..gak. kenapa tiba-tiba kamu tanya gitu???" jawab ku gelagapan.
         "Chaca yang ngasih tau ."  
         "Dasar Chaca ember banget sih ..." batin ku dalam hati.
         "Udahlah Vi..gak usah nutup-nutupi perasaanmu."
        "maafkan aku Ta..."
        "maaf buat apa ,kamu gak salah,aku tu gak suka sama Refan kok."
        "tapi kan Ta..."
        "Dulu memang aku sempet deket sama Refan tapi  aku tau kamu baik,kamu lebih pantas sama dia."
        "tapi kan..."
        "Udahlah aku balik ke kelas dulu ya."
   Aku pun semakin bingung apa yang harus aku lakukan,Tata nyuruh aku sama Refan. tapi disisi lain  Refan suka sama Tata bukan aku.
                                                    @ @ @
          Udara malam yang dingin,menembus selimut yang membalut tubuh ku,aku duduk di balkon rumah.Malam ini,bintang tak menampakkan cahayanya,aku termenung ....aku bingung  apa yang harus aku lakukan ,aku sangat mencintai Refan,ku coba untuk menghapus bayang-bayang wajahnya tetapi semakin sulit untuk ku lupakan
         "Tuhan kenapa aku tak bisa melupakan Refan ..."teriak ku
Tak terasa air mata ku pun menetes,isak tangis ku semakin dalam.Setelah beberapa menit  aku menenangkan hati dan merenung,aku berusaha tersenyum dan merelakan Refan untuk sahabat ku.aku ingin melihat orang yang ku cintai bahagia
                                                                              @ @ @
           Aku berlari menelusuri koridor sekolah aku mencari di setiap sudut sekolah tapi tak kunjung kutemukan,setelah beberapa menit aku teringat aku harus mencari kemana.Aku melangkahkan kaki menuju perpustakaan mata ku mengarah di setiap rak-rak buku itu.tapi tak ada,ternyata seseorang yang ku cari duduk dan sedang asik membaca buku
                      "Hey..."sapa ku
                      "Vivi..kamu udah gak..."
                      "Udahlah,aku udah gak mikirin masalah kemarin."aku memotong ucapan Refan, aku pun duduk disebelah Refan
                      "aku minta maaf soal kemarin ."ucap Refan
                      "udahlah Fan...aku ingin kamu bahagia." ucapku walau dalam hati sebenarnya gak rela.
                      "tapi kan Vi..."
                      "pokoknya aku ingin lihat kamu sama Tata bisa bahagia ."
                      "makasihh ya Vi...kamu memang sahabat yang baik."ucap Refan sambil tersenyum
                      "aku akan membantu mu meyakinkan Tata kalau kamu memang pantas untuknya."
      Saat ini perasanku sedikit hancur,tapi aku ingin melihat Refan bahagia.
                Saat pulang sekolah,aku bertemu Refan di dekat lab.komputer,saat itu aku sedang pulang bersama Chaca.
                       "Vi...tunggu." ucap Refan 
                     "ada apa Fan..?" tanya ku pada Refan.
                      "ada yang mau aku omongin sama kamu. Cha..aku boleh pinjem Vivi kan."
                     "tentu...asal kamu jagain dia" ucap Chaca
                     "oke...nanti biar aku yang nganter Vivi sampe rumah."ucap Refan
                     "Aku duluan ya Vi..Fan jangan sampe ,buat Vivi nangis lagi." ucap Chaca beranjak pergi
         Vi aku mau ngajak kamu ke suatu tempat ,aku mengekor di belakang Refan dan disinilah kami sekarang disebuah padang rumput kecil yang indah dekat lapangan sekolah yang sudah tidak terpakai,aku tak menyangka di sekolah ini ada tempat seperti ini.
                     "Indahkan???"ujar Refan,yang telah duduk di atas rumput.
                     "ini tempat favoritku,"ucap Refan
                     "apa kamu sering kesini???"tanya ku
                     "iya,kalau aku sedang banyak masalah aku menenangkan diri disini."ucap Refan
                    "Ohh..."jawab ku singkat
                    "Vi...apa Tata pantas untuk ku???"
                    "iya...dia pantas untuk mu."
          Refan  beranjak pergi, aku duduk di atas rumput sambil memandang bunga kecil yang tumbuh di sekitar bukit. tak lama kemudian dia kembali dengan membawa mawar merah,kini dia berjongkok tepat di hadapan ku,dia menatap ku....
                   "Aku ...aku sayang kamu."aku seakan tak percaya,semilir angin seakan turut merasakan keterkejutan ku,Refan mengulurkan mawar merah .
                  "Mau gak jadi pacarku????" aku semakin tak percaya,
                 "Kalau itu aku katakan pada Tata besok,apa dia  mau menerima ku ya???" kata-kata itu berputar di pikiran ku sepanjang hari,aku hanya mengiyakan saat Refan bertanya pada ku,mungkin aku munafik,sok tegar dengan tetap tersenyum meski hati ku sangat sakit.
                                                           @ @ @
"Bunda,Vivi gak salahkan kalau Vivi membantu Refan agar bisa jadian dengan Tata??"
    "Gak sayang,bunda salut padamu,kamu mengorbankan perasaan mu demi melihat orang yang kamu cinta bahagia "
    "Tapi apa harus sesakit ini luka yang aku rasakan." Ucap ku sambil terisak dalam tangis.
    "Percayalah,Allah itu adil,dibalik semua ini pasti ada keajaiban untuk mu
   

aku tak tau harus bagaimana
aku merasa tiada berkawan
selain dirimu
selain cintamu

Kirim aku malaikatmu
biar jadi kawan hidupku
dan tunjukan jalan yang memang
kau pilihkan untukku

Kirim aku malaikatmu
karena ku sepi berada di sini
dan di dunia ini
aku tak mau sendiri
      #bcl
   Kini suasana sekolah sudah sepi.aku menemani Refan merangkai kata-kata yang akan di ungkapkan kepada Tata nanti
         "kamu sudah bilang sama Tata kan??" tanya Refan
         "Iya..udah jam 3 ni,ayo kita ke bukit belakang" ajak ku pada Refan
    Dengan langkah pelan aku dan Refan menuju ke bukit belakang sekolah,aku berusaha meyakinkan hatiku sendiri bahwa aku sanggup melalui ini."
          "aku pulang yaa,"ucap ku setelah aku sampai di bukit belakang
          "Temani aku dulu sampai Tata datang." Pinta Refan
          "Untuk apa?? sebagai saksi???"ucap ku
          "Pokoknya tunggu dulu."
    Aku tak kuasa menolak dan akhirnya duduk diatas rumput di dekat tas ransel Refan .
          "Tunggu disini sebentar ya,aku mau ngambil sesuatu."
    Refan beranjak pergi dan tak lama kemudian Tata datang,Tata duduk di samping ku.Setelah beberapa menit Refan datang membawa gitar dan setangkai bunga mawar putih.kemudian Refan dduk dihadapan ku dan Tata
    Refan mulai memainkan jarinya dia memainkan gitar dan menyayikan sebuah lagu

Maafkan aku melukis luka
membuat mu bersedih
Mengundang air mata
Cinta tak mengapa kau marah
Tapi satu ku pinta jangan kau usaikan kita
   #d’bagindas : Maafkan        aku
                                                                       
Vivi ....aku cinta sama kamu,kamu maukan jadi pacarku??
Tunggu..
    "Vivi..???" tanya ku kaget
    "Iya kamu Vi.."
    "Aku gak salah denger kan???"
    "gak..kamu memang pantas untuk Refan.bukan aku Vi .."ucap Tata tersenyum
    "jadi kemarin ..."ucapku
    "maaf jika selama ini aku sering membuat mu terluka karena ulah ku.aku sadar kamulah yang benar-benar pantas untuk ku Vi...aku mencintai mu.kamu mau kan jadi pacar ku???" ucap Refan sambil menggengam erat tangan ku
    "maaf Fan aku gak bisa.."ucap ku sambil melepaskan genggaman tangan Refan.
    "kenapa??"tanya Refan dengan muka kecewa
    "maksutnya gak bisa nolak cinta kamu."
setelah itu Refan memelukku,tak lama kemudian Chaca dan Fani datang
    "Cieee....akhirnya kalian jadian juga "ucap Chaca menggoda
    "Wahhh...besok makan-makan dong."ucap Fani dan Tata
kami semua tertawa bersama...kalau pun ini mimpi aku tak ingin segera bangun dan mengakhiri mimpi ini.
     Langit sore berhiaskan mega merah di ujung barat,mengiringi  matahari tenggelam yang tersenyum hangat.sebelum senja menjemput malam dan bulan menghiasi tahta langit kelam.aku ingin kembali tersenyum bersama orang-orang yang sangat aku sayang.
              Tuhan ....
              terima kasih kau telah mengijinkan ku merasakan kebahagiaan ini...
              cinta ini akan selalu aku jaga...

~ THE END~


301 komentar:

naeru mengatakan...

Keren :D

Anonimmengatakan...

Jempol!

Kirei Fairuz mengatakan...

suka banget bikin lagi donk :)
obat diabetes

gie_code mengatakan...

hmmm...ending ceritanya gak nyangka....cerita bagus..
gunawan

imamul m mengatakan...

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

md818 mengatakan...

mending dicetak terus dibukukan... lebih banyak yang baca

erick mengatakan...

Keren dan penuh inspirasi.....
salam sukses.....
wp shieldmate security plugin
quick start challenge 2.0 turbo
your core Fitness income plr
wordpress 3.9 revealed
passive list building blitz

acne no more niche
evideo rocket
azon deals plugin
fb list simplified
social accelerator agency

imamul m mengatakan...

Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link
Buka-bukaan.com Bisnis Online Sederhana Hasil Dahsyat Modal Hemat

Unknown mengatakan...

banyak yang bilang cinta tulus itu hanya dimiliki seorang ibu kepada anaknya, berarti bapak gak ikut ya hehehehe
GudangPoker.com Situs Judi Poker Online Terbaik Terpercaya

Jadwal Bola
Prediksi Skor
Jago Bola
Mycuppas

Ardy Hotzia mengatakan...

Artikel yang sangat menarik dan sangat mendidik sekali
untuk di simak.. Sukses terus untuk websitenya
http://tamboens.blogspot.com
http://tamboen76.wapka.mobi
http://tamboenman.blogspot.in/2014/01/mengenal-lebih-dekat-hewan-hewan-di.html
Great site you have here.. It's hard to find excellent writing like yours these days. I honestly appreciate individuals like you! Take care!!
http://endemu.blogspot.com
http://putrapandamar.wapka.mobi
http://elegant79.wapka.mobi
http://tamboenman.blogspot.in/2013/11/cara-membuat-dan-memasang-lirik-ttpod.html

ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 ! mengatakan...

Thank infonya gan :D
Silakan dibaca: ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 !

Unknown mengatakan...

Thank you for a grat article!
Very useful!
KUMPULAN BANDAR TOGEL TERPERCAYA
TOGEL
LIVEDRAW SGP
DAFTAR BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA
BUKU TAFSIR MIMPI 3ANGKA
BUKU TAFSIR MIMPI 4ANGKA
BUKU TAFSIR MIMPI 2ANGKA ABJAD
BUKU TAFSIR MIMPI 2ANGKA
CARA DAFTAR TOGEL ONLINE
LIVE RESULT SGP"
BUKU TAFSIR MIMPI 2ANGKA
BUKU TAFSIR MIMPI 3ANGKA
BUKU TAFSIR MIMPI 4ANGKA
PAITO SGP
LIVE HONGKONGPOOLS

Gerbangilmu.com mengatakan...

Wah unik :)

Unknown mengatakan...

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Unknown mengatakan...

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Unknown mengatakan...

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Vemale
IDfbs
IDixl
IDlogs
Dafont
iStockphoto
Bloomberg
Oracle

Unknown mengatakan...

Thank you for this blog. Currently I'm running my own business which is Rumah Kayu. Thanks for the information.

Hylash mengatakan...

mantep mba artikel nya keren banget
#Digimon Masters Mods #Tamers Mods #Ridding Mods #3D Models #Orginal Skins Digimon Masters Online #Shine After Rain
Download 3D Model |Download PSP Games |Download PC Games KDMO Translations | DMOT | English Translations | Digimon Mods | Tamer Mods | Interface Skins |
3D Model Naruto | 3D Model Aura Kingdom | Manual Patch KDMO | Manual Patch GDMO

Download PC Games 2014
Download 3D Model Anime
Manual Patch KDMO
Manual Patch GDMO
English translations|KDMO Translations|DMOT
Download Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Revolution PC
DOwnload The Sims 4 Full Versions (Crack Skidrow) 2014

Mobil Suzuki Tangerang mengatakan...

Hehe keren nih..

Toko Sangkar mengatakan...

Jual berbagai macam sangkar burung yang unik dan pastinya harga terjangkau

cara membesarkan penis mengatakan...

Semoga anda selalu sukses, dan terimakah untuk informasi yang bermanfaatnya sangat membantu

Yoyoe mengatakan...

Salam kenal ya gan Berita Bola Terkini, Prediksi Skor Bola, Live Score serta Jadwal Pertandingan

badaku mengatakan...

Kenalan gan Bola100.cop Berita Bola dan Prediksi Skor Terbaru dan terkini

Kursus Komputer Murah Terbaik di Jakarta mengatakan...

Mohon doa dan restunya agar saya menang dalam kontes SEO "Kursus Komputer Murah Terbaik di Jakarta" Amin..
Kursus Komputer Murah Terbaik di Jakarta

free fun Games mengatakan...

waktuuuu
free fun games free fun games free fun games free fun games memulai bisnis online free fun games free fun games free fun games free fun games memulai bisnis online

Unknown mengatakan...

Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story. I cant believe youre not more popular because you definitely have the gift. Budidaya Kenari

Herawati mengatakan...

amazing article
baca ini __ Jenis Usaha Sampingan
DP BBM LUCU

Ajang Bola mengatakan...

Salam kenal ya kak!? Berita Bola Terkini dan Prediksi Skor Bola

Raven mengatakan...

honda crv 2015
honda freed 2015
harga mobilio RS
honda mobilio RS
harga honda jazz 2014

Obat Sipilis Untuk Pria Dan Wanita mengatakan...

mengharukan

Merk Obat Kencing Nanah mengatakan...

informasi bermanfaat dan artikel yang sangat membantu

Vimax Asli mengatakan...

Vagina Ngangkang

Sex Toys Twins Perless Pussie

Vagina Peluk

Sex toys Hawaiian Girl

Krim Pemutih Wajah Alami

Obat Vimax Asli

Jual Alat Bantu Sex Pria

Vimax Pills Canada

Jual Alat Bantu Sex Wanita

Jual Minyak Pembesar Penis

Jual Alat Pembesar Penis

Jual Obat Kuat Pria Perkasa

Jual Obat Pelangsing Badan

Jual Obat Pembesar Penis

Jual Obat Penyubur Sperma Pria

Jual Obat Perangsang Wanita

Jual Cream Alat Pembesar Payudara

Jual Produk Kesehatan Kecantikan

Pelangsing Green Slimming

Vagina Getar

Vagina Goyang Suara

Vagina Manual

Vagina Pantat

Vagina Body Nungging

Vagina Baby Pusy

Penis Getar Goyang

Penis Getar

Penis Shaky

Penggetar Vagina

Penis Manual

Vakum Pembesar Penis

Vakum Pembesar Payudara

Cream Pembesar Payudara

Jepara Online mengatakan...

This is a great article, Thanks for giving me this information. Keep posting
Furniture Jati Jepara :
Furniture Jepara Murah :
Furniture Jepara Murah :
Furniture Minimalis :
Furniture Jati Jepara :
Furniture Online :
Furniture Jati Jepara :
Furniture Murah :
Furniture Kursi :
Furniture Jati Jepara :
Furniture Kursi Jati :
Furniture jepara Online :
Furniture Online jepara :
Furniture Meja :
Furniture Online :
Kamar Set Minimalis
Kursi Tamu Mewah
Meja Makan Jati Jepara
Tempat Tidur Jati Jepara
Mebel Jati Jepara
Mebel Jepara
Kamar Set Jati

kata pengantar mengatakan...

Cerita yang bukan hanya panjang, tetapi juga menarik. Terima kasih sudah berbagi :)

Lagu barat mengatakan...

Ketulusan cinta memang sesuatu yang istimewa seperti halnya lagu lagu barat yang banyak bertemakan cinta.

Tipnoten mengatakan...

Cerpennya bagus sekali..

Contoh Cerpen mengatakan...

Tulisan cerpen diatas cukup menarik, kebetulan aku juga punya contoh cerpen yang mungkin mau kamu baca yaitu cerpen persahabatan sejati.

Chocolate Cake mengatakan...

Mantap sekali ending ceritanya, ga diduga sama sekali

obat wasir mengatakan...


Suwun booss... Artikele apik tenan he..!!
nderek langkung badhe sebar kabar kangge ngobati wasir kula gadah obat ingkang ampuh lan aman kangge njenengan sedoyo

monggo dipun tumbas nopo dipun tulung sebaraken njih. matur suwun.

cara mengobati ambeien
cara mengobati ambeien luar
cara mengobati ambeien alami
cara mengobati ambeien eksternal
cara mengobati ambeien yang sudah keluar
cara mengobati ambeien yang sudah parah
cara mengobati ambeien secara cepat
cara mengobati ambeien alami
cara mengobati ambeien internal
cara mengobati ambeien usai melahirkan
cara mengobati ambeien akut
cara mengobati ambeien alami
cara mengobati ambeien pada ibu hamil
cara mengobati ambeien dengan cepat
cara mengobati ambeien berdarah

Kata bijak mengatakan...

Bagus sekali cerpennya, banyak amanat positif yang terkandung dalam cerpen tersebut :)

Jual Printer Ektp mengatakan...

Semua keperlua spare part Printer E-KTP Fargo HDP5000 seperti: ribbon, cleaning kit dan kartu pvc tersedia lengkap dengan harga yang murah.

Unknown mengatakan...

Bagus nih cerpen nya. .

Unknown mengatakan...

Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng
Obat Koreng

Cerita cinta mengatakan...

Sungguh cerpen yang bagus sekali :)

Sobatstw mengatakan...

http://grosir.jilbabmurah.ga/model-kerudung-terbaru-dan-cara-memakai.html
http://grosir.jilbabmurah.ga/model-kerudung-terbaru-dan-cara-memakainya.html
http://grosir.jilbabmurah.ga/kerudung-terbaru-dan-cara-memakainya.html
http://grosir.jilbabmurah.ga/cara-memakai-kerudung-pasmina-zoya.html
http://grosir.jilbabmurah.ga/cara-memakai-kerudung-pashmina-yang-simpel.html

Puisi Cinta mengatakan...

Ketulusan cinta merupakan sesuatu yang indah :)

Unknown mengatakan...

Appreciate you sharing, great article. Thank again :) fantastic

kerajinan tangan dari barang bekas
budidaya jahe merah dalam karung
kerajinan dari bahan keras

Unknown mengatakan...

nice post

Jual Pemutih Wajah

SEO Mas Arif mengatakan...

SEO Mas Arif | Bukan Blog Master SEO dan Pakar SEO | Blog personal milik Arif Rachman Hakim yang lagi belajar apa itu SEO di internet.

foto memek mengatakan...

Koleksi Bokep Indo
Foto Toket Abg
Foto Ngentot Memek
Foto Memek Perawan
Foto Bugil Montok
Foto Memek Abg
Foto Memek Tante
Foto Bugil
Foto Ngentot
Memek Semok
Memek Tembem
Foto Abg Bugil Mesum
Cerita Sex
Foto Tante Nungging Di Ranjang Pengen Di Sodok Kontol
Foto ABG Binal Nakal Pamer Toket Gede Terbaru
Foto ABG Cabe Cabean Pamer Tubuh Mulus Masih Perawan
Foto Tante Girang Telanjang Di Kamar Sambil Nonton Bokep
Foto Payudara Montok Mulus Enak Untuk Di Remas
Koleksi Foto Memek Abg Perawan Dengan Klitoris Pelontos Mengumbar Nafsu
Foto Cewek Bispak Pamer Memek Super Tembem
Foto Tante Girang Imut Lagi Ngentot Berdesah
Foto Cewek Telanjang Di Atas Kasur Habis Di Perkosa
Foto Telanjang Tante Girang Cantik Lagi Mandi Sebelum ML
Foto Memek Bugil Abg tante Ngentot
Koleksi Bokep
Foto Toket Hot
Foto Ngentot
Foto Memek Tembem
Foto Bugil Sexy
Foto Memek Tembem Ngentot

Obat Herbal Bercak Putih Terbaik mengatakan...

Thank gan

Yoyoe mengatakan...

Turut memberikan apresiasi untuk cerita anda, salam blog walking gan Berita Bola dan Prediksi Skor

iklan gratis mengatakan...

Saya suka sekali cerpennya.
pasang iklan gratis

http://kulitmanggis.web.id/ mengatakan...

wah artikelnya menggugah selera nih obat ace maxs , vig power capsule , slimming capsule bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi

foto ngentot memek mengatakan...

mantab , bagus gan

aplikasi android terbaik mengatakan...

Sebuah cerpen yang saya pikir cukup menarik (y)

cara membuat donat kentang lembut mengatakan...

artikelnya sangat bagus.. mudah2an bermanfaat

NesabaMedias mengatakan...

mudah2an terus berkarya dan terus berkarya seperti karya saya resep cara membuat donat kentang lembut... silahkan berkunjung

Unknown mengatakan...

2015-09-21 zhengjx
Gucci Outlet Online 80% OFF
ugg boots sale
michael kors outlet
Christian Louboutin Shoes Outlet Sale Cheap Price
michael kors handbag
hollister uk
burberry outlet
Original Michael Kors Handbags Outlet Online
Louis Vuitton Outlet 100% Authentic
michael kors outlet
fitflops
Michael Kors Outlet USA Store
Oakley Sunglasses Official Website Cheap Off
Louis Vuitton Outlet Authentic Handbags Discount
Gucci UK Outlet Handbags Sale
true religion jeans
Louis Vuitton Outlet Discount Handbags
michael kors bag
michael kors outlet
Louis Vuitton Outlet Store Locations
Louis Vuitton Handbags Official USA Website
Michael Kors Outlet Online Store Clearance
canada goose outlet
Coach Outlet Online Coach Factory Outlet
Hollister UK Clothing Store
Michael Kors Outlet Factory Handbags For Sale
michael kors bags
oakley sunglasses,oakley vault,prescription sunglasses,polarized sunglasses,aviator sunglasses,spy sunglasses,oakleys,oakley canada,cheap oakley sunglasses,oakley frogskins,oakley holbrook,cheap sunglasses,wayfarer sunglasses,oakley standard issue,fake oakleys,oakley glasses,oakley.com,oakley prescription glasses,oakley goggles,sunglasses for men,oakley gascan,oakley store,oakleys sunglasses
Coach Factory Outlet Discount Online
toms outlet

Sewa Bus Pariwisata mengatakan...

very useful article that are discussed in this site … certainly would be very helpful for readers who need a reference.

INTAN S mengatakan...

Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?

By : Peluang Usaha

Unknown mengatakan...




Terimakasih bapak sudah berkenan memberikan infonya, saya tunggu postingan selanjutnya yg lebih menarik
dipan tempat tidur minimalis
mebel jati minimalis
kursi minimalis
rental mobil semarang
kain tenun murah
mebel minimalis jepara
mebel jepara murah

Unknown mengatakan...




Jasa desain arsitek rumah dan bangunan
ya ARSITEK RUMAHAN

dedeh kurniasih sutrijani mengatakan...

ceritanya cukup menarik

INTAN S mengatakan...

Peluang Usaha
Rumah Minimalis
Tempat Wisata
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
RENTAL MOBIL MALANG? DI NAHWA.CO.ID AJA
Peluang Usaha
Rumah Minimalis
Tempat Wisata
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
RENTAL MOBIL MALANG? DI NAHWA.CO.ID AJA
Peluang Usaha
Rumah Minimalis
Tempat Wisata
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
RENTAL MOBIL MALANG? DI NAHWA.CO.ID AJA

http://mausehat123.blogspot.co.id/2015/10/obat-tradisional.html mengatakan...

thank for information...http://mausehat123.blogspot.co.id/

Unknown mengatakan...

http://www.obatpemutihwajah.com bagus......

Pusat Produk Kecantikan dan Vitalitas Pria mengatakan...

artikelnya keren...

Admin mengatakan...

ingin wisata ke lombok?
1. paket mendaki ke rinjani: www.halomitrekker.com/2015/03/rinjani-trekking-

packages_24.html

2.Booking online Speed boat murah ke 3 gili, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air:

www.halomitrekker.com/2015/06/gili-lombok-speed-boat.html

Info wisata terupdate di Lombok: www.rinjanitrekkingcentre.com

foto bugil mengatakan...

Foto Bugil Sexy Regina Mantan Istri Farhat Abbas
Tubuh Bahenol Tante Binal Toket Dan Memek Montok
Abg Telanjang Bulat Bugil Toket Besar
Foto Bugil Pacarmu Saat Pacaran Ngentot Memek
Pose Bugil Tante Dan Abg Sebelum ML
Foto Abg Berkerudung Bugil Mesum Pamer Memek
Foto Abg Mesum Bugil Telanjang Bulat
Abg Rela Kirim Foto Bugil Ke Pacarnya Tersebar
Memek Bersih Mulus Montok Abg Bispak
Kumpulan Foto Bugil Memek Abg Dan Tante Ngentot
Abg Ngulum Penis Besar Memek DiKocok Pakai Jari
Abg Memek Sempit Merekah Bersih Mempesona
Ngentot Memek Sempit Tante Tokel Besar Montok
Foto Bugil Artis Cantik Indonesia Telanjang
Foto Telanjang Bulat Abg Semok Cantik Memek Bersih Ngentot
Foto Memek Suster Cantik Ngentot Dengan Dokter
Foto Bugil Memek Sempit Abg
Gambar Memek Tembem Abg Sma Mulus Bersih
Foto Bugil Pegawai bank Cantik Memek Mulus Ngentot
Gambar Bugil Abg Sma Memeknya Dientot
Janda Muda Ngentot Bugil Memek Basah
Foto Memek Toket Mengkal Tubuh Sintal Ngentot
Foto Bugil Abg Memek Sempit Perawan Ngentot
Foto Bugil
Foto Bugil abg
Memek Abg
Foto Bugil Abg
Foto Bugil
Foto Memek
Foto Bugil Artis
Tante Bugil

Cytotec mengatakan...

artikel menarik sukses selalu

INTAN S mengatakan...

Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Mengapa Saya Memilih REXCO Dibandingkan Merk Lain?
Peluang Usaha

INTAN S mengatakan...

POKERWALET.COM AGEN POKER ONLINE DAN CAPSA ONLINE TERBAIK TERPERCAYA DI INDONESIA
POKERWALET.COM AGEN POKER ONLINE DAN CAPSA ONLINE TERBAIK TERPERCAYA DI INDONESIA
POKERWALET.COM AGEN POKER ONLINE DAN CAPSA ONLINE TERBAIK TERPERCAYA DI INDONESIA
POKERWALET.COM AGEN POKER ONLINE DAN CAPSA ONLINE TERBAIK TERPERCAYA DI INDONESIA

Unknown mengatakan...


Nice article, it's very important information. I will bookmark to my blog
sewa mobil semarang for next reference.


INTAN S mengatakan...

Agen Penjual Vimax Asli Canada Terpercaya
Agen Penjual Vimax Asli Canada Terpercaya
Agen Penjual Vimax Asli Canada Terpercaya
Agen Penjual Vimax Asli Canada Terpercaya

Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria | Obat Kuat Pria

INTAN S mengatakan...

Jual KLG Asli
Jual KLG Asli
Jual KLG Asli
Jual KLG Asli
Jual KLG Asli
Obat Kuat Pria
Obat Kuat Pria

Unknown mengatakan...

saya senang berkunjung di web ini, semoga makin maju, salam dari
grosir jilbab seragam
Jual Jam Tangan
Jual Pakaian Pria Terbaru
sabun biex
Jual Baju Bola Mukena Anak
grosir baju pria
grosir kaos polos

INTAN S mengatakan...

Jasa Pijat Panggilan 24 Jam Jakarta.
Jasa Pijat Panggilan 24 Jam Jakarta
Jasa Pijat Panggilan 24 Jam Jakarta
Jasa Desain Interior Jakarta Murah
Jasa Desain Interior Jakarta Murah
Jasa Desain Interior Jakarta Murah
Jasa Desain Interior Jakarta Murah
Jasa Pembuatan Blog Murah Terpercaya
Jasa Pembuatan Blog Bisnis
Jasa Pembuatan Blog Pribadi
Jasa Pembuatan Blog Toko Online Murah
Jasa Pembuatan Blog Profesional
Jasa Pembuatan Blog Murah
Jual Klg Asli
Obat Kuat Pria

Hamba Suci mengatakan...

Download Lagu Mp3 Terbaru 2016 di:
-> ProMP3
-> Portal Musik

Unknown mengatakan...

alah mak banjang sekali komennya

Bolaliga

Livescore Terbaru

Nonton Bola Online

Prediksi Skor

Sewa Mobil Malang mengatakan...

sedih sekali membaca cerpennya, sangat dalam artinya - http://www.rentalsewamobilmalang.com

GROSIR BAJU ANAK BRANDED mengatakan...

Cerpen yang menarik

Kata pengantar mengatakan...

Ceritanya menarik sekali, alur yang bagus enak di baca kak

Reseller makaroni mengatakan...

Bagus banget mas

weight loss tips mengatakan...

Keren panjang banget hhe

obat herbal asam lambung paling ampuh mengatakan...

Terimakasih atas informasi yang telah anda berikan semoga bermanfaat untuk kita semua, salam sehat dati toko Zahra Herbal

cara mengobati penyakit secara alami mengatakan...

successful and healthy greetings greetings from our store Zahra Herbal ..
thanks for the info awaited visit behind it ...

Sijai mengatakan...

nice! keren bangeett

Unknown mengatakan...

Produk organizer yang berfungsi sebagai tempat helm biasa disebut hanging helmet organizer zipper. Tempat helm yang terbuat dari plastik ini terdiri dari 4 susun yang dilengkapi dengan penutup resleting pada kedua sisinya. Banyak para pembeli yang menyukai rak organizer tempat helm ini karena bentuknya yang simpel, minimalis dan praktis. Untuk membeli rak helm gantung organizer ini anda bisa mengunjungi website secara online dan melakukan pembelian ke tokopedia, lazada atau buka lapak. Semuanya menawarkan rak helm gantung resleting harga murah. Bahkan ada juga yang akan memberikan potongan harga bagi para pembeli yang pesan secara grosir. Jadi berbisnis rak helm gantung/hanging helmet organizer sangat terbuka bagi para reseller dan distributor di seluruh indonesia. Info lengkap rak helm organizer resleting karakter motif kartun lihat link berikut .
Salah satu objek wisata malang yang sering dikunjungi adalah wisata pantai di malang selatan. Banyak sekali spot pantai dengan pasir yang indah seperti pantai bajulmati, pantai balekambang, pantai goa cina, pantai ngliyep, dll. Semuanya menyajikan panorama alam yang menawan. Selain wisata pantai, malang juga terkenal dengan wisata yang lainnya seperi air terjun, arung jeram, wisata religi, dll. Beberapa destinasi wisata malang yang menarik didatangi destinasi wisata malang.

Unknown mengatakan...

Sebaiknya jika anda ingin melakukan rental mobil di malang untuk suatu keperluan maka mintalah rekomendasi dari kenalan agar anda bisa memilih perusahaan rental mobil di malang yang benar-benar terpercaya. Tanyakan dengan jelas tarif harga, armada mobil dan pelayanannya supaya anda bisa merasa puas dengan transportasi rental mobil di malang tersebut. Jika sudah mantab maka cepatlah booking dengan segera agar pesanan anda bisa segera dijadwalkan. Agen rental mobil di malang yang terpercaya halaman terkait.
Apabila anda menginginkan tubuh yang langsing dan sexy maka solusinya adalah mengkonsumsi jamu galian singset madura secara rutin. Ramuan ini sangat disukai oleh para wanita karena sangat manjur menurunkan berat badan dan sekaligus menjadikan semok dan singset. Jamu galian singset ini merupakan ramuan tradisional yang diproses secara higienis dan alamin tanpa campuran kimia sedikitpun. Jamu galian singset madura untuk perempuan halaman tertaut.

Mujaini mengatakan...

Cinta membutuhkan Percaya Diri, agar kita tidak kaku bersama orang yang kita cintai

kontraktor pameran jakarta mengatakan...

good blog..

Klik Disini mengatakan...

Cerpennya bagus kaka

Prediksi Togel mengatakan...

Nice Story, Veri Inspiring..

Prediksi Togel
Togel Online Terpercaya

beritainfo mengatakan...

keren ceritanya menarik sekali

Agen Poker mengatakan...

nice! keren bangeett

Poker Uang Asli
Domino kiu Kiu
Agen QQ

Bandar Togel mengatakan...

Ayuk Buruan Daftar Diri Anda Di Armanitogel Dan Sekarang Sudah Ada Promo Bonus Deposit Di Armanitogel 10%, Tunggu Apalagi.

Ayo Gabung Bersama kami Agen Togel Terpercaya
Bandar Togel Online
Daftar Togel
Bandar Togel Terpercaya

Unknown mengatakan...

terima kasih banyak untuk artikelnya.... sangat keren ♥♥

Agen Poker Online | Poker Uang Asli | Domino QQ | Capsa

Ayuk Buruan Daftar Diri Anda di ArmaniQQ (http://www.armaniqq.net)
Kami Agen Poker Online Juga Menyediakan Berbagai Macam game Dalam 1 ID:

- Live Poker
- POKER
- Capsa
- Domino
- Ceme
- Ceme Keliling

Banyak Juga Jackpot Yang Akan Menanti Anda
kami Juga Akan Memberikan Bonus Seperti :

- Bonus Turnover 0,5%
- Bonus Refferal 20% Seumur Hidup

Salam Dari Admin ArmaniQQ
Sukses Dan Sehat Selalu.....

Poker
Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya

Judi Bola mengatakan...

Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)
Ayo buruan daftar disini di http://www.ibcwin.com. Kami Agen Bola Terpercaya dan dapatkan promo terbaru dari kami.

Judi Bola
Taruhan Bola
Bandar Judi Online

Live Casino mengatakan...

Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update Gan, Greetings Success :)
Buruan bos ku daftar disini dan dapatkan promo terbaru dari Kami Agen Bola Terpercaya. Kunjungi kami di http://wwww.ibcwin.com

Agen Bola
Live Casino
Bandar Bola
Judi Bola Online

Judi Bola Online mengatakan...

Terima Kasih Artikel Ini Sangat Membantu Kami Tunggu Artikel Yang Lebih Menarik Selanjutnya Yah Gan...
Kami Agen Bola Terpercaya. Ayo daftar disini di http://www.ibcwin.com. Dapatkan promo terbaru dari kami. Proses deposit dan withdraw Cepat.

Bandar Judi Online
Casino Online
Agen Bola

Bandar Judi Online mengatakan...

Terima Kasih Artikel Ini Sangat Membantu Kami Tunggu Artikel Yang Lebih Menarik Selanjutnya Yah Gan...
Kami Agen Bola Terpercaya. Ayo buruan bos daftar disini dan dapatkan promo terbaru dari kami. Kunjungi kami di http://www.ibcwin.com

Bandar Judi Online
Casino Online
Agen Bola

Unknown mengatakan...

Nice Story, Veri Inspiring..
sewa mobil di surabaya murah
rental mobil di surabaya
sewa bus pariwisata
sewa isuzu elf suarabaya
rental mobil surabaya

Unknown mengatakan...

car rental in erport juanda surabaya
jasa persewaan mobil di surabaya
sewa mobil bulanan untuk perusahaan surabaya
sewa mobil untuk penganting surabaya
rentcar surabaya

Unknown mengatakan...

sewa mobil alphard
sewa mobil fortuner
sewa mobil pajero
sewa mobil mercy
sewa mobil camry
rental mobil alphard

Unknown mengatakan...

jasa renovasi rumah
jasa bangun rumah
jasa kontraktor rumah
atap baja ringan
jasa pasang plafon

ayuwandira mengatakan...

sewa mobil alphard
sewa mobil fortuner
sewa mobil pajero
sewa mobil mercy
sewa mobil camry
rental mobil alphard
sewa alphard jakarta
sewa mobil alphard jakarta
sewa Mobil alphard
sewa mobil alphard
sewa mobil fortuner
sewa mobil pajero
sewa mobil mercy
sewa mobil camry
rental mobil alphard

zona hati mengatakan...

The best information im never see
Poker online
Judi domino online
judi poker online terpercaya
poker99
poker88
poker99

alonso mengatakan...

situs poker online resmi

Poker Online mengatakan...

situs poker judi online terlengkap dan terpecaya hanya di www.aladinid.com

Blackjack mengatakan...

live poker online
login sbobet
bandar bola piala dunia 2018 terpercaya
bandar bola piala dunia 2018 terbaik
bandar terbaik piala dunia 2018

marianamengatakan...

trimakasih banyak
visit my site
visit my site
visit my site
visit my site
visit my site
visit my site
Kunjungi situs saya ya

Unknown mengatakan...

Keren infonya...

http://ninjalagu.mobi
http://mp3paji.bid

Unknown mengatakan...

wah saya sukla dengan alur cerita yang di bawakan, tetap menulis yaa http://ittelkom-pwt.ac.id

Unknown mengatakan...

cerita nya seru banget
sukes terus yaa
bursa bola

Anonimmengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jsh mengatakan...

bagusssssssss!! tingkatin lagi yaa

bola com

bola net

bursa bola

mufidmMn mengatakan...

» mMn

» muFid mMn

» ASWaJa

» mMUFIDn

» aKseSoris teMplate

» mMn WP

» mMn EduBlogs

» mMn Blog

» mMn Bigcartel

mufidmMn mengatakan...

Pasang Iklan

Jasa Promosi

Jasa Review

Jasa Seo

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Cara Membuat Blog
Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal
Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia
Aplikasi Kasir Online Omegasoft

mufidmMn mengatakan...

5 Tips Memilih Kacamata
mMn Eklablog

Layanan hos web
mufidmmn kinja

mMUFIDn KONTES SEO
mMUFIDn

Pabrik KONTES SEO
Pabrik

Keretamini KONTES SEO

mufidmMn mengatakan...

Keretamini

Ekiosku KONTES SEO
Ekiosku

Layanan web hos
MMN QUORA

Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal "SEO Blog Kontes 2018"
Pengertian Aplikasi
PENGERTIAN HOSTING
Terciduk Lagi

Fotografi / Fotografer Profesional
Terciduk Lagi

Unknown mengatakan...

mantabbb~~~

situs judi online qq

situs judi poker online

situs poker

jsh mengatakan...

bagus ceritanya :)

Dpoker indonesia

syair togelpelangi mengatakan...

articles I like are very good thanks.
bandar togel

Info Bola Terbaik mengatakan...

cerpen yg sangat bagus, terharu...



bolavita
bolavita s128
bolavita chat
bolavita terbaru
daftar bolavita
bolavita indonesia
link alternatif bolavita
cs bolavita
link bolavita

Agen Poker Terpercaya mengatakan...

Presentation of the article in this blog is very nice, I like it

Poker Uang Asli
Judi Poker
Agen Domino
PokerSemi

Furniture Jepara Berkualitas mengatakan...

Thanks for sharing, this is a fantastic post.Much thanks again. Keep writing
I am new to this blog. But I have enjoyed your post and leanred something new. Waiting for your next update.
jual kursi tiffany
kursi tiffany murah
kursi tamu mewah
kursi tamu mewah
lemari hias klasik
jual kotak angpao
kursi pelaminan jati murah
sketsel pelaminan minimalis
kursi tamu mewah
furniture kursi sofa
Kursi Pelaminan Terbaru

Unknown mengatakan...

Terima Kasih telah di approve komen saya
ini benar-benar sangat membantu saya

DAFTAR POKER99
POKER99
POKER 99
POKER 88
DEPOSIT VIA PULSA
FREEBET TERBARU
INFO FREEBET
Judi Poker Online
freebet tanpa deposit
judi online tanpa modal
Agen Poker Online

gwen mengatakan...

ini benar sangat membantu
terima kasih
jika ada waktu cobalah untuk berkunjung ke website saya
"DAFTAR POKER99
POKER99
POKER 99
Poker Uang Asli
Situs Poker Online"

Pasti Sukses mengatakan...

nice article dude, keep harder.

Deposit Via Pulsa
Melayani Deposit Via Pulsa

Pasti Sukses mengatakan...

Deposit Via Pulsa
Melayani Deposit Via Pulsa

gwen mengatakan...

BCA368
bcaqq
Judi Slot
Game Online Terbaik
rolet online uang asli
bandar judi casino resmi
bandar judi casino resmi
bandar judi slot resmi

IDnetter mengatakan...

Thank you for sharing your details and experience. I think it very good for me.

Prediksi Skor
Image Bola
Singa Bola
Prediksi Bola Jitu dan Akurat
Prediksi Bola
Info Bola

Info Aborsi mengatakan...

Kami jual obat telat datang bulan untuk melancarkan haid serta mentruasi atau solusi sebagai obat aborsi menggugurkan kandungan usia 1 2 3 4 5 bulan, tidak wanita melakukan aborsi dengan konsumsi pil pelancar haid untuk menghentikan kehamilannya.

Cytotec misoprostol adalah salah satu merek obat telat datang bulan paling manjur & aman tanpa efek samping dari berbagai macam merek obat obat pelancar haid.
Sebenarnya cytotec berfungsi untuk pendrita maag, tetapi banyak yang memakainya sebagai alternatif cara menggugurkan kandungan & tuntaskan telat datang bulan.

Mengapa cytotec dapat digunakan untuk obat telat datang bulan & penggugur kehamilan? Cytotec mengandung misoprostol berdosis 200mcg dan 200pg.

Misoprostol dapat memicu kontraksi pada rahim & bagian perut yang mengakibatkan keguguran pada wanita hamil.

Jika digunakan untuk memperlancar haid, misoprostol bekerja mempercepat ovulasi pembuahan sel telur pada ovarium.

Gejala efek yang umum di rasakan pada saat konsumsi adalah kram, nyeri, mules, muntah dan diare.

Kontraksi yang diakibatkan setelah memakai misoprostol cytotec, hampir sama gejalanya pada saat ketika anda akan mengalami datang bulan.

Apabila digunakan untuk menggugurkan kandungan, cytotec adalah pilihan tepat, tingkat akurat keberhasilan aborsi dengan misoprostol mencapai 90%.

Untuk melancarkan datang bulan & cara menggugurkan kandungan janin 1-3 bulan cytotec bekerja dengan cepat.

bola100 mengatakan...

AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA
AGEN SBOBET INDONESIA
JENIS-JENIS GAME TARUHAN ONLINE


monica mengatakan...

BANDAR JUDI ONLINE
LIONKING8

bangbakat mengatakan...

http://www.fagro.edu.uy/agrociencia/index.php/directorio/comment/view/1422/826/1071474
http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/comment/view/448/0/95620

asuransi mobil termurah mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat dan berguna. semangat dalam menulis


saya mengatakan...

Nice Article ya Gan,,jangan lupa berkunjung di website kami :)

DominoQQ
Capsa Susun
Poker Uang Asli
Judi Poker
Agen Domino

tozca leather mengatakan...

ketulusan cinta memberikan suka dan yang dalam ( lirik lagi deh )

Unknown mengatakan...

Permainan judi poker online waktu ini semula terhitung makin benar benar bermacam macam saja di bidang jaringan internet. Tentu bukanlah cuma judi situs poker online yg dikenal, saat ini judi dominoqq kembali tidaklah angkat tangan disukai tidak sedikit pemain.


Software Defined WAN mengatakan...

Great Info Thanks for sharing

WAN Optimization | Hybrid WAN

ComeHere mengatakan...

saya adalah seorang anak laki-laki yang berasal dari kota Jakarta dan saya juga seorang pekerja keras,kebetulan saya juga mempunyai sebuah website jika ada waktu cobalah untuk berkunjung hainan international lottery , live result hainan, togel hainan hari ini, hainan pools

poker online mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat

Poker Online
Agen Poker
Poker Indonesia
DominoQQ
PokerQQ
BandarQQ
Daftar Poker
Poker P2Play

Jason White mengatakan...

Tarjeta Madre

LIGA588 mengatakan...

Good article and have a nice content, really enjoy it. thanks for sharing.
Visit our site on :

Lapak Judi Bola
Liga 88
Jasa Bola
Poker 88

LIGA588 mengatakan...

Good article and have a nice content, really enjoy it. thanks for sharing.
Visit our site on :

Lapak Judi Bola
Liga 88
Jasa Bola
SitusSlot

gwen mengatakan...


GILA RUPIAH
GILA RUPIAH
100%
10

BCA368
BCAQQ
BOLA88
Screen reader support enabled.




BCA368
BCAQQ
BOLA88
romy me has joined the document.

Jadwal Acara TV Hari Ini mengatakan...

This is the best record that you have given to the public, I am happy and hope that I can make your article as valuable new knowledge for me and all."

Idehit
Berita Hiburan
Kata Kata Bijak
Kata Mutiara
Sinopsis Film Drama
Tips Sehat
Biografi
Kumpulan Kata Kata

Unknown mengatakan...

clash of lights s1

clash of lights mod s1

download clash of lights s1

download clash of magics s1

download clash royale private server mod apk

http://ligatamora.net mengatakan...

Ligatamora adalah Situs Judi Online profesional yang aman dan terpercaya. Disini kami selaku agen bola terpercaya telah menyediakan permainan Judi Bola yang sedang trending bagi para bettor di Indonesia.

Ligatamora adalah agen poker online yang menjadi salah satu agen dengan jenis permainan Poker V Online dengan rating kemenangannya tertinggi, dibandingkan dengan permainan poker lainnya.

Ligatamora adalah agen casino online dimana kami menyediakan berbagai macam fitur permainan kasino. Game yang kami sediakan disini dijamin akan membuat anda merasa nyaman ketika bermain.

Kami juga menyajikan promo terbaik untuk para member baru ataupun member lama kami. Dengan layanan yang cepat dan baik, kami pun mampu untuk bersaing menjadi salah satu agen judi terbaik di Indonesia. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi website kami di www.ligatamora.net melalui fitur livechat yang standby selama 24 jam.

Chaves Truid mengatakan...

karakteristik yang disediakan untuk para gamer. Dua tangan kartu dapat disebut minor, paling atas, mungil, atau di depan. Kartu lima tangan sering disebut besar, bawah, atau belakang. Alasan utama kedua kartu tersebut dinamai “pintu masuk” adalah karena semakin dekat ke dealer sedangkan tangan kanan disebut pendukung karena lebih dekat dengan Anda
asikqq
dewaqq
sumoqq
interqq
hobiqq
rajawaliqq
pionpoker
paito warna
http://192.254.236.33/interqq78/
dt hk

idnpoker99 mengatakan...

Pertandingan judi bola lokal dan internasional bukan masalah bagi kami. situs sukabet senantiasa melayani pasaran judi bola online baik dari lokal maupun interlokal. Anda bisa memasang bermacam-macam taruhan judi bola terbaik.
http://baragame.com/sukabet-situs-judi-online-dengan-taruhan-bola-sbobet-terpercaya-di-indonesia/
Mulai dari liga-liga indonesia, liga inggris, bahkan piala dunia sekalipun. Permainan judinya dapat anda mainkan di situs sukabet, situs judi online agen resmi SBOBET di Indonesia.

LIGA588 mengatakan...


Good article and have a nice content, really enjoy it. thanks for sharing.

Situs Judi Bola Online
Agen Bola
Casino Online
Judi Slot Online
Dewa Slot

Balkon Hotel mengatakan...

Bagus cerita pendek nya khusus di poin terakhir "Tuhan terima kasih telah mengijinkan ku merasakan kebahagiaan ini" ini adalah ungkappan rasa kita selalu bersyukur.

Lacak Resi Pos mengatakan...

Bagus sekali Cerpen nya ,mantap

IDN Poker Situs Poker Online Terpercaya DominoQQ Indonesia mengatakan...

Ingin memainkan permainan judi bola teraman di tahun 2019 ini ? Anda bisa memainkannya di situs sukabet. Sukabet adalah agen judi bola resmi dari SBOBET di Indonesia.
http://jbccibd.com
Bermain judi bola online di situs sukabet dijamin akan senantiasa menguntungkan untuk anda. Ajak juga teman-teman anda untuk bergabung ke situs sukabet, dan dapatkan bonus refferal sebesar 50% untuk anda tanpa di undi.

Obat Aborsi Cytotec Asli mengatakan...

Jual obat aborsi kediri
Jual obat aborsi surabaya
Jual obat aborsi pasuruan

Jual obat aborsi malang
Jual obat aborsi sidoarjo
Jual obat aborsi semarang

Jual obat aborsi kuningan
Jual obat aborsi cianjur
Jual obat aborsi cilegon

Obat Aborsi Cytotec Asli mengatakan...

Jual obat aborsi kediri
Jual obat aborsi surabaya
Jual obat aborsi pasuruan

Jual obat aborsi malang
Jual obat aborsi sidoarjo
Jual obat aborsi semarang

Jual obat aborsi kuningan
Jual obat aborsi cianjur
Jual obat aborsi cilegon

IDN Poker Situs Poker Online Terpercaya DominoQQ Indonesia mengatakan...

Ucapkan selamat datang kembali kepada situs judi bola nomor satu di Indonesia, situs sukabet.
http://savaryislandcottage.com
Situs agen resmi judi bola SBOBET yang senantiasa memberikan pelayanan 24 jam non stop dan senantiasa memihak kepada para playernya agar bisa memainkan permainan judi bola online yang sangat menguntungkan. Daftarkan diri anda sekarang juga dengan modal yang amat sangat minim. Hanya dengan 25.000 rupiah saja.

021poker mengatakan...

021 POKER | Agen Poker Online Terpercaya

--------------------------------------------

Pelayanan Terbaik & Proses Deposit / Withdraw Paling cepat

KELEBIHAN 021POKER

- Min Deposit IDR 10.000,-
- Min Witdraw IDR 20.000,-
- UNDIAN GADGET TIAP BULAN
- Bonus Setiap Deposit 3%
- Bonus Referral 10%
- Bonus rollingan 0.5%
- Withdraw Tanpa Batas

Contact kami :

- WA : +85589376511
- Line : POKER021SAVIRA
- Wechat : POKER021SAVIRA

Trusted Betting Online , Salam 021Poker

Jangan Tunda Kesempatan Untuk Menjadi Jutawan Bersama 021POKER

Poker Terpercaya
Poker terbaik
Agen Poker Online
Agen Judi Online

Nawaz Shahbaz mengatakan...

men's rugby world cup 2019

Rugby World CUP Live telecast channels 2019

Rugby world cup schedule wales 2019

Rugby world cup Match Predictions wales 2019

Rugby world Cup Channels wales 2019

Obat Aborsi Cytotec Asli mengatakan...

obat aborsi di pacitan
Jual Obat Aborsi Di Ponorogo
klinik obat aborsi di pamulang serpong banten
Jual Obat Aborsi Di Bandar Lampung
Jual Obat Aborsi Sidoarjo
obat aborsi di tuban
obat aborsi di jember
Obat Aborsi Asli Banyuwangi
Obat Aborsi Di Jambi
obat aborsi di nganjuk
obat aborsi di semarang
Obat aborsi di surabaya
jual obat aborsi di batu malang
obat aborsi di kota kediri
obat aborsi di madiun
obat aborsi solo
obat aborsi di blitar
obat aborsi di pasuruan
obat aborsi di cianjur
Jual Obat Aborsi Jogja
Obat Aborsi Di Ngawi
obat aborsi di cilegon
jual obat aborsi di blora
Tempat Kota kota di Indonesia Terdiri dari
Jual Obat Aborsi Di Ponorogo
obat aborsi di bojonegoro
obat aborsi di cirebon
Obat Aborsi Di Kuningan
Jual Obat Aborsi di sukabumi
Jual Obat Aborsi Di Taiwan
Jual Obat aborsi Di Hongkong
Jual Obat Aborsi Di Malaysia
Jual Obat Aborsi Di Palangka
obat aborsi samarinda
jual obat aborsi di sidoarjo
obat aborsi di semarang

Obat Aborsi Cytotec Asli mengatakan...

Jual obat aborsi Taiwan
Jual obat aborsi Di Hongkong
Jual obat aborsi Di Malaysia

Jual obat aborsi Denpasar
Jual obat aborsi Pekanbaru
Jual obat aborsi Di Sidoarjo

Jual obat aborsi di solo
Jual obat aborsi di palangka

Jokerindo99 mengatakan...

Data sgp
Joker388
http://solarbet99.com/
Link Alternatif Daftar Joker123
Joker123 Deposit Pulsa
Daftar Joker123
https://yinyangprediksitogelsgpw.home.blog/
https://jokerindo99.blogspot.com

FamiliQQ mengatakan...

I Found your site is very informative and very love your site. Brilliant pick on colors & theme. Did you create this site by yourself? Please reply back as I’m trying to create my own site and would like to know how you developed this best site.
Visit : familiqq.com
situspokerbri24jam.vip
familiqq.pro
situspokermandirionline24jam.com
familiqq.asia
ballyshoes.us

idnpoker99 mengatakan...

Bukan lagi sekedar tagline, anda dapat bermain judi poker online dengan aman senantiasa di situs jakartapoker. situs judi poker online terpercaya ini menawarkan kualitas permainan judi poker online yang paling terbaik di bidangnya. Semua itu bisa anda nikmati dengan modal yang amat sangat minim, hanya dengan 10.000 rupiah saja. Mari bergabung ke situs judi poker online milik kami dan rasakan pengalaman bermain judi poker online dengan skala internasional di situs jakartapoker sekarang juga.

anisa miranda mengatakan...

alexis-sanchez

terima kasih buat artikel nya sangat menginspirasi sekali

anisa miranda mengatakan...

alexis-sanchez

terima kasih buat artikel nya sangat menginspirasi sekali

Template Premium mengatakan...

Thank you information you submit is very useful, waiting for the next update bro, Success :)

Visit my Balkon Hotel / Lacak Resi Pos / Hotel Dekat Kantor Pos / eSEO Template / VioMagz Design

idnpoker99 mengatakan...

Jika anda bertanya ke orang orang soal situs judi poker online terpercaya yang benar-benar memberikan keuntungan. Maka jawabannya adalah situs judi poker online jakartapoker, situs judi poker ini sejak tahun 2012 senantiasa menjadi pioneer dalam permainan judi poker online di Indonesia. Di situs ini anda hanya membutuhkan biaya minim untuk bermain judi poker online indonesia dengan kualitas terbaik

idnpoker99 mengatakan...

uang asli kini semakin lama di gunakan dalam permainan judi poker online di Indonesia. namun jika anda masih pemula dan mencari situs poker online uang asli yang senantiasa terbaik dan menguntungkan, anda bisa menuju ke situs jakartapoker. kami berikan berbagai macam bonus serta keuntungan yang dapat diperoleh secara cuma-cuma kepada semua player kami. ikuti juga berbagai event serta turnamen harian di situs jakartapoker untuk melatih skill anda dan mendapatkan keuntungan lebih.

idnpoker99 mengatakan...

jakartapoker adalah situs judi poker online terbaik di indonesia di tahun 2019 ini. situs jakartapoker senantiasa menghadirkan permainan judi poker online yang bersih, berkualitas, dan dengan pelayanan terbaik di bidangnya. di situs ini juga, kami mempunyai sistem poker bonus new member . yang di maksudkan pada setiap player yang baru bergabung di situs kami. Dapat mendapatkan bonus deposit secara cuma-cuma dari situs jakartapoker.

idnpoker99 mengatakan...

7 tahun sudah situs jakartapoker melayani para player judi poker online di Indonesia dengan layanan terbaik yang mereka punya. Anda pun juga bisa menikmati permainan judi poker online terbaik di Indonesia di situs jakartapoker.
http://masterkartuonline.xyz/
Hanya membutuhkan modal sebesar 10.000 rupiah saja. Nikmati akses permainan judi poker online terbaik dan terpercaya di Indonesia di situs ini sekarang juga. Rasakan berbagai manfat dalam bermain judi poker online terbaik di Indonesia ini bagi jalan kesuksesan anda.

idnpoker99 mengatakan...

Android bagi anda hanya sebagai alat komunikasi saja ? Berbeda dengan kami. Nikmati permainan judi poker online untung terbaik di Indonesia, yaitu di situs jakartapoker dengan menggunakan smartphone android anda. Berbekal uang sebesar 10.000 rupiah saja. Anda sudah bisa menikmati akses permainan judi poker online terbaik di Indonesia yang bisa di akses dimana saja. Rasakan sensasi permainan judi poker online kelas internasional sekarang juga hanya di situs jakartapoker.

idnpoker99 mengatakan...

jakartapoker adalah agen judi poker online terpercaya di indonesia. di situs poker online ini kami mengadakan revolusi permainan judi poker online yang bisa anda nikmati tanpa ada rasa kecewa. di situs poker online ini kami juga menyajikan layanan permainan judi poker online dengan menggunakan smartphone android, nikmati akses permainan judi poker online yang mudah dan terjangkau di situs ini sekarang juga. Dan jangan lupa juga untuk membeli jackpot system dengan harga minim agar anda senantiasa mendapatkan keuntungan lebih terbaik di situs jakartapoker.

idnpoker99 mengatakan...

sebagai situs poker uang asli terpercaya di tahun 2019 ini, anda dapat memainkan permainan judi poker online dengan modal yang amat sangat minim. Di situs ini anda bisa menikmati layanan poker online untung 100%.
https://slotonline1.blogspot.com/2019/10/poker-permainan-online-digemari.html
Karena kami tidak mengenal kata rugi di situs judi poker online kami. Anda dapat senantiasa mendapatkan keuntungan terbaik dari permainan judi poker online di situs jakartapoker.

fayereagan mengatakan...

Untung lebih dari pagi hingga malam dengan situs jakartapoker. situs poker online terpercaya ini senantiasa menyajikan permainan judi poker online terbaik di bidangnya dan paling absah diantara situs lainnya di Indonesia. Di situs jakartapoker, anda bisa menikmati permainan judi poker online tanpa ada potongan sama sekali. Dan bagi anda yang kesusahan bermain karena tidak memiliki pc. permainan judi poker online ini dapat anda mainkan dengan menggunakan smartphone anda masing-masing. Dapatkan keuntungan dimana saja dan kapan saja dengan cara ini.

fayereagan mengatakan...

sukabet adalah agen IDN poker online terpercaya yang senantiasa memasarkan layanannya dengan kualitas terbaik dan tanpa potongan sama sekali sejak tahun 2012, situs jakartapoker sudah menjadi pioneer permainan judi poker online sejak 7 tahun yang lalu. akses judi online di situs jakartapoker senantiasa bersih 100% tanpa ada BOT dan SCAM sama sekali. Permainan judi poker online yang ada di situs sukabet juga dapat anda mainkan dengan menggunakan smartphone anda masing-masing.

idnpoker99 mengatakan...

Gemar bermain judi bola ? Bermain judi bola sendiri tentunya akan membosankan bagi anda. Ajak teman-teman anda untuk bergabung ke situs agen judi online terpercaya milik sukabet. Dan dapatkan bonus refferal sebesar 50% terbaik dan tertinggi di Indonesia hanya untuk anda. Pasaran judi bola online di situs sukabet amat sangat menguntungkan bagi anda 100% tanpa terkecuali.

idnpoker99 mengatakan...

Kasta tertinggi dalam permainan judi bola online bisa anda temukan di situs judi online sukabet sekarang juga. Situs ini sejak tahun 2012 menyelenggarakan permainan judi bola online dengan tingkat keuntungan 100% yang di bayarkan kepada playernya. Dengan dukungan dari berbagai provider judi online terbaik seperti SBOBET, MAXBET, CBET, dan IBET789. situs judi online sukabet senantiasa menjadi pioneer permainan judi bola online uang asli di Indonesia.

Berita Wisata Gunung mengatakan...

Berita Seputar Sepakbola Dunia Terupdate
Berita Terbaru Dan Terupdate Seputar Smartphone
Berita Seputar Otomotif Terbaru dan Terupdate
Berita Seputar Gadget dan Teknologi Terupdate
Berita Wisata Gunung Terupdate

Unknown mengatakan...

Berita Seputar Sepakbola Dunia Terupdate
Berita Terbaru Dan Terupdate Seputar Smartphone
Berita Seputar Otomotif Terbaru dan Terupdate
Berita Seputar Gadget dan Teknologi Terupdate
Berita Wisata Gunung Terupdate

Rental Mobil Jepara mengatakan...

sewa mobil jepara murah tidak murahan

Laurens99 mengatakan...

Poker merupakan salah satu permainan judi kartu yang saat ini bisa anda mainkan melalui jejaring online. dengan kualitas gambar yang bagus dan Agen yang terpercaya serta customer Service yang handal,maka 100% keuntungan anda dapat tersalurkan.situs judi idn poker

fayereagan mengatakan...

Sibuk bukan berarti anda harus meninggalkan hobi anda dalam bermain judi poker online, anda tetap bisa bermain judi poker online dimanapun anda berada di situs Poker Online Terpercaya jakartapoker. Di situs ini anda bisa bermain judi poker online online terbaik nomor 1 dan paling terkenal di Indonesia di situs jakartapoker melalui smartphone android. Tidak masalah anda ada dimana dan di kondisi apa, situs jakartapoker akan membuat anda senantiasa mendapatkan keuntungan terbaik dalam permainan judi poker online yang anda mainkan

Unknown mengatakan...

Judi kartu resmi yang sudah dipercayai hingga populer sampai saat ini menjadi lebih praktis bermain Poker Online Terpercaya yang mampu membuat bettornya betah melawan pemain lain bergabung didalam satu meja ruangan yang tertutup aman dan nyaman, melakukan transaksinya lewat bank lokal yang memang menyediakan layanan terbaik tanpa penipuan.

Liga588 | Situs Judi Online mengatakan...

Dewa Slot
Prediksi Bola

Laurens99 mengatakan...

Slot SCR888,merupakan salah satu jenis Game Betting Online terkenal di dalam dunia betting online dan merupakan salah satu jenis permainan yang populer dikalangan masyarakat di benua asia terutama di benua asia tenggara sebagai Jenis Permainan Yang Menyenangkan Untuk Dimainkan Dan Juga Memberikan Keuntungan yang Besar.scr888

fayereagan mengatakan...

Daftarkan diri anda sekarang juga di situs jakartapoker, Situs Agen Judi Poker Online Indonesia ini memberikan bonus deposit kepada anda sebesar 20.000 ribu rupiah kepada setiap player baru yang bergabung di situsnya. Agen judi poker online terbaik ini juga menggandeng kerjasama dengan lembaga pengesahan permainan judi poker online internasional. Yaitu lembaga PAGCOR dan BMMTestLab. Di jamin anda akan senantiasa bermain judi poker online dengan sangat aman dan tentunya bersih dari pemain BOT dan SCAM di situs jakartapoker.

ranni putri mengatakan...

ARTIKELNYA SANGAT BAGUS DAN DAN SANGAT BERMANFAAT.....

AYO GABUNG DI MYPOKER899 .com !
AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA DAN TERBAIK
BANYAK BONUSNYA :
Bonus New member 10.000 - 20.000
BONUS REFERRAL 10%
BONUS MINGGUAN 0.3 - 0.5 %
BONUS NEXT DEPOSIT 5%
BONUS BULANAN
TUNGGU APA LAGI ? BURUAN BERGABAUNG DI POKER899.VIP , AGEN JUDI POKER TERPERCAYA DAN AGEN RESMI POKER IDN , SIAP MELAYAN ANDA PECINTA POKER !
CAPSA , DOMINO QQ , POKER , CEME dan masih banyak lagi
UNTUK INFO DAN PENDAFTARAAN HUBUNGI :

POKER899.VIP !! RAIH KEMENANGANMU SEKARANG JUGA !!
UNTUK INFO DAN PENDAFTARAN :
LIVE CHAT : http://mypoker899.com
WHATSAPP : +855884660017
LINE : POKER899


AGEN JUDI POKER ONLINE INDONESIA TERBAIK
DAFTAR IDN POKER ONLINE UANG ASLI
Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia
AGEN POKER ONLINE
DAFTAR JUDI ONLINE
AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
IDN POKER

dewapoker88 mengatakan...

Anda perorangan serta sememangnya bisa menatap kenaikan jumlah member selaku signifikan dari Poker uang asli ini.

situs poker online
https://eaa.edu.ph/members/bakatpoker88/
poker online

dewapoker88 mengatakan...

Perilaku ini yaitu suatu perilaku yang krusial dan sama sekali tidak dapat dilewatkan. Hal ini pun bakal berkontribusi besar mendapatkan rate keagungan Anda semasa beruang di dalam letak Termasuk.

situs poker online
https://eaa.edu.ph/members/bakatpoker88/
poker online

Laurens99 mengatakan...

judi bola online merupakan permainan taruhan judi bola,Tak hanya sebagai wadah untuk bersenang-senang, taruhan game judi bola juga punya keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan meski kamu adalah pemain pemula.

Toto Onlinemengatakan...

Situs resmi Bandar Togel Bonus Terbesar di Indonesia yang menyediakan permainan judi togel online pasaran terbesar dengan akses yang sangat mudah dan memberikan banyak keuntungan kepada semua player pecinta togel online

http://fylingcourtleet.org/

nonton3 mengatakan...

Kumpulan Situs Poker Terpercaya

awdawd mengatakan...


bolavita agen judi online terbaik dan terpercaya indonesia yang memberikan banyak keuntungan melimpah.
https://s128.work/bolavita-agen-sabung-ayam-terpercaya-2020/

Prediksi Keramat mengatakan...

Togel Hk malam ini moga bisa tembus yuk liat prediksi togelnya disini : http://128.199.162.86

Prediksi Keramat mengatakan...

Prediksi Togel Akurat Sydney Pools : http://128.199.162.86

Prediksi Keramat mengatakan...

prediksi jitu terbaik togel sgp hari ini. PREDIKSI TOGEL
PREDIKSI TOGEL
PREDIKSI TOGEL
PREDIKSI TOGEL
PREDIKSI TOGEL

Posting Komentar

Silakan isikan komentar Anda pada halaman ini...

 
© Copyright by Wellcome to Pointer's Blog  |  Template by Blogspot tutorial